suatu hari

Gambar

Saya sedang membuat pola untuk sebuah dress ketika tiba-tiba teringat tentang sesuatu. Sekadar info, dress yang sedang saya buat itu mempunyai lingkar badan 84, lingkar pinggang 62, lingkar pinggul 88, dan panjang dress, terhitung dari lekuk leher, 86. Lumayan. Rencananya dress itu akan berpotongan sederhana dan bersiluet lekat menempel tubuh. Selebihnya, saya akan mencoba untuk bermain dengan tekstur kain.

Jadi, saya sedang menggambar dan memotong pola, sambil mendengarkan Wagner -dan berselang-seling dengan Dead Kennedy, the Clash dan Propagandhi- ketika tiba-tiba saya teringat bahwa pemilu, kendati saya tak pernah terlibat, akan digelar sebentar lagi.

Ingatan yang mendadak muncul itu lalu membawa saya kepada ingatan yang lain lagi.

Kemarin pagi, sambil sarapan di warung langganan, saya melihat monyet. Monyet itu dirantai di tembok bagian belakang sebuah bangunan kosong yang hangus akibat peristiwa Mei 98 yang hingga kini, entah kenapa, tak dibangun kembali. Monyet itu bergelayutan di antara ban-ban bekas dan pipa besi yang sengaja dicentelkan dan dipakukan ke tembok. Ia tak berdaya dan seharusnya tidak berada di situ. Saya yakin, siapapun partai dan legeslatif yang akan keluar sebagai pemenang di daerah pemilihan itu tak akan menghiraukan nasib si monyet. Siapapun pemenang pemilu, yang akan digelar sebentar lagi, si monyet tetap saja adalah pihak yang kalah.

Berapa jumlah monyet yang ada di Indonesia?

Menurut pedangdut Rhoma Irama, dulu, bertahun lalu, ada 135 juta jiwa monyet di Indonesia (masih ingat liriknya kan?). Kini jumlahnya tentu saja telah membengkak. Lebih dari 250 juta jiwa monyet. Itupun belum termasuk monyet yang tinggal di pohon-pohon.

td

2 thoughts on “suatu hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s